Game buat isi waktu selama lockdown

Udah ada beberapa waktu lamanya kita ada di rumah. Aku yakin pasti udah banyak juga yang ngerasa mati kutu dan bingung mau nyobain apa di rumah. Nah, di sini aku mau berbagi games yang bisa kamu coba mainin selama lockdown. Ada game yang bisa dimainin di HP dan PC, ada yang cuma bisa salah satunya aja. Aku ngerekomen-dasiinnya cuma di HP sama PC aja karena itu adalah dua device yang udah pasti semua orang punya. Selain itu, yang kurekomendasikan di sini adalah game gratis, karena aku mengerti tidak semuanya punya uang buat beli game. Jadi, ini dia!

Osu!

Osu! merupakan game rhythm yang cukup populer. Mode permainan yang paling banyak pemainnya adalah mode osu!, di mana kamu akan memencet lingkaran atau lingkaran berekor yang munculnya ngikut sama beats lagunya pakai pen tablet, mouse, atau langsung di layar laptop kalo layarnya touch screen (rasanya kayak kalo main Cytus atau Lovelive di HP tapi gaming experience-nya nggak mirip banget kayak gitu). Selain mode osu!, kamu juga bisa pilih mode lain, yaitu osu! taiko, osu! catch, sama osu!mania. Kalo kalian pernah main Taiko di HP, osu! taiko mainnya persis kayak gitu. Kalo di osu! catch, kalian harus nggeser orang pakai panah di keyboard buat nangkep buah yang jatuhnya sesuai beats lagu. Osu!mania itu tampilannya kayak Step Mania, VOS, atau game rhythm yang biasa kalian temui di HP.

Osu! itu online, jadi pastikan kalian punya jaringan internet yang baik. Terus, biasanya kalian bakalan disuruh buat donlot software-nya sebelom kalian daftar (kalo kalian belum punya akun) atau login, terus kalian donlot beatmaps di lamannya dan dipindahin ke folder Songs di folder Osu!. Habis itu, kalian bisa mainin lagunya sesuai mode yang kalian suka dan berkompetisi dengan pemain lain.

Everlong RPG

Aku mengenal game ini ketika SD. Waktu itu, kakakku cari-cari game 2D RPG dan ketemulah ini. Game ini gratis (tapi harus donlot installer sama patch terbarunya buat di-copy ke file sistemnya karena kalo nggak diperbarui file-nya gak bisa dimainin. Ini adalah salah satu game gratisan dengan grafik old school yang menurutku menarik ceritanya. Bahkan, sejauh ini Everlong itu nyampe 80+ jam waktu main karena storyboard-nya mayan panjang dan side quest-nya mayan menarik. Battle style-nya kayak Final Fantasy jaman lawas (II apa III gitu), terus kalo kamu pernah mainin Suikoden II pasti ada tempat yang bikin kamu merasa akrab karena mirip sama camp para tentara Highland dan L’Renouille.

Ceritanya tuh ada fallen god yang serakah mau nguasain sejagat universe, tapi dia butuh orang yang bisa jadi vessel. Namanya Entropy. Nah, terus ada seseorang  bernama Altair yang menjembatani kemauannya si fallen god ini dengan melatih orang-orang yang dipilih menjadi sepasukan Blackguard. Blackguard ini dibekali ilmu berpedang dan ilmu hitam. Selain itu, Altair juga bekerja sama dengan Tyr-Anon dan Cirigoth buat menyukseskan keinginan sang fallen god. Dari para Blackguard, ada satu orang yang terpilih buat jadi vessel, namanya Azrael (di versi lawas namanya Brad). Sayangnya, si Brad memberontak dan kabur. Dia ketemu Glen sama Sammy sebagai bandit yang melawan kerajaan Tyr-Anon dan mereka akhirnya kabur bareng. Terus mereka juga ketemu lebih banyak orang lagi dengan tujuan masing-masing dan sama-sama berpetualang buat balas dendam ke Tyr-Anon, Cirigoth, dan mengalahkan Entropy. Sayangnya, di tengah jalan si Azrael diambil paksa sama Altair dan akhirnya dibangkitin sama Entropy.

Yang istimewa dari game ini adalah kerelaan developer untuk mendengarkan saran dari para pemain, sehingga game ini terus berkembang walaupun developer-nya nggak mendapat keuntungan apapun dari game yang dibangunnya.

Siap-siap tisu dan jangan asal skip percakapannya, ya! Sumpah itu ceritanya worth it!

Harvest Town

Sekarang game semacam Harvest Moon sudah bermunculan di HP. Kalo kamu kebetulan punya duit, kamu mungkin tertarik buat nyoba Stardew Valley, tapi kalo kamu gratisan, kamu mungkin mau nyoba Harvest Town. Basically, cara mainnya mirip Harvest Moon, tapi kamu bisa battle sama monster, bikin perabot rumah sendiri kalo pengen, sama bikin lebih banyak produk dari workshops.

Fishing Paradiso

Ini adalah game yang utamanya adalah mancing dan sudah pasti offline. Ada side quest buat mancingin ikan tertentu sama mancing buat main questGame ini nggak terlalu kompleks, jadi mungkin buat kamu para veteran gamer, mungkin game ini nggak begitu menantang.

Tinker Island

Tinker Island itu survival RPG yang visualnya mengadopsi gaya old school tapi bagus warnanya. Tapi, ini nggak kayak game Life After. Ini mungkin lebih kayak Virtual Villager dengan cara main yang menurutku jauh lebih sederhana. Lagi-lagi, ini game-nya bisa kamu mainin di HP.

Monthly Idol

Buat kamu para K-Popers atau yang lagi pengen nyoba game secara random, bisa jadi ini game sangat bisa mengusir rasa bosan. Game ini merupakan game di mana kita diposisikan sebagai agensi yang membuat dan melatih idol group yang debut. Visualnya old school, jadi mengingatkanmu akan game PC lawas. Monthly Idol bisa kamu dapatkan di Play Store atau App Store.

My Cafe

Buat kamu yang suka banget sama game semacam Market Tycoon atau Hotel Tycoon (yang kamu memiliki sebuah toko dan profit tokonya dipakai buat beli alat pembuat produk dan barang dekorasi untuk mempercantik ruangan), maka My Cafe bisa jadi salah satu pilihan buat mengusir kebosanan. Ceritanya kamu punya sebuah kafe yang style-nya bisa kamu sesuaikan sama seleramu. Ada mission yang hadiahnya berupa diamonddecor item, atau gift. Tentu saja, game ini bisa kamu mainkan di HP!

Farmville 2

Farmville 2 merupakan farming game seperti Hay Day atau Township. Bisa dibilang, ini semacam Harvest Moon tapi cuman bercocok tanam sama bikin produk dari hasil tani kita. Game ini bisa dimainkan di HP, jadi tinggal donlot aja di Play/App Store.

Archero

Archero itu main tembak-tembakan. Walaupun gameplay-nya nggak begitu kompleks, tapi game tetep seru buat dimainin. Game ini tersedia di HP, jadi kamu bisa cari di App atau Play Store.

Cartoon Network Match Land

Kalau kamu suka main Candy Crush atau LINE Pokopang, mungkin kamu juga tertarik buat main game ini. Pada dasarnya, cara main game ini sama kayak Candy Crush, tapi kamu bisa milih hero buat kasih damage yang tinggi buat lawanmu kalo kamu lagi main. Game ini tersedia di HP, jadi kamu bisa langsung donlot di Play atau App Store.

Tape It Up!

Tape It Up! itu sebuah game semacam Subway Surfer. Basically, gameplay-nya sama dengan Subway Surfer. Bedanya, ‘pelari’-nya adalah selotip kardus. Game ini visualnya mengadopsi gaya old school. Game ini merupakan game yang kamu bisa mainin di HP.

Grumpy Cat’s Worst Game Ever

Game ini isinya mini-games yang somehow mungkin ngingetin kamu sama Dumb Ways to Die. Buat kamu yang suka sama mini-games, bisa jadi games yang bisa dimainin di HP Android atau iPhone ini cocok buat kamu.

PewDiePie’s Tuber Simulator

Buat kamu yang pengen tahu gimana rasanya jadi seorang YouTuber tapi nggak pengen jadi YouTuber, ini bisa jadi game yang cocok buatmu. Di sini, kamu bisa mengeksplor jenis-jenis video yang bisa populer, bahkan sampai punya banyak view. Dari hasil view, kamu bisa beli barang untuk dekor, bahkan sampai ekspansi ruangan. Tentu saja, ini adalah game HP. Jadi, kamu bisa donlot dari Play Store atau App Store.

Atomas

Ini adalah game yang unik menurutku, karena kita harus naikin unsur kimia setinggi mungkin. Kalo kamu lihat gameplay-nya, mungkin game ini terkesan sederhana banget. Tapi game ini nagih! Kamu bisa mendapatkan game ini di Play Store atau App Store.

Leave a Comment