Apakah Behel Murah Tukang Gigi Itu Worth It?

Hai, semuanya! Aku tahu, sebenarnya aku sudah pernah buat artikel tentang kawat gigi untuk tren, tapi kurasa aku juga butuh bahas tentang ini. Anggap saja ini adalah sub-bahasan dari behel untuk tren. Aku ingin bahas behel murah yang ditawarkan oleh ahli/tukang gigi atau so called dokter kecantikan yang kita nggak tahu namanya terdaftar di database dokter gigi yang punya izin praktik atau nggak dan apa yang harus diperhatikan saat mau deal sama orang-orang yang menawarkan jasa pasang behel dengan harga SUPER MURAH.

Sebelum aku mulai bahas tentang risiko kenapa pasang behel murah di tukang gigi, aku mau bahas tentang behel sendiri. Behel atau kawat gigi merupakan perawatan gigi yang memasangkan kawat di gigi untuk merapikan struktur gigi. Secara umum, ada dua jenis kawat gigi, yaitu behel lepasan (retainer) dan behel cekat (behel yang menempel di gigi dan bisa ganti karet). Behel hanya bisa dipasang apabila kondisi gusi dan gigi cukup sehat untuk dipasangi behel. Itulah alasan mengapa kita dianjurkan untuk konsultasi dulu dengan dokter gigi. Pun ketika gigi kita perlu dipasangi behel, dokter gigi harus memberikan serangkaian treatment untuk mengkondisikan gigi agar bersih dan dalam kondisi baik sebelum dipasangi behel. Durasi penggunaannya, kalau memang pasang untuk alasan kesehatan, itu bisa berbeda, tergantung kondisi gigi seseorang. Biarpun berbeda-beda, tetap saja perawatan gigi dengan behel ini harus selalu didampingi oleh tenaga medis profesional yang sesuai bidangnya a.k.a. dokter gigi. Harganya pun juga beda. Setahuku, ada harga ada kualitas. Lebih baik kamu merogoh kocek sedikit lebih banyak untuk konsul ke dokter gigi dibanding keluar kocek sedikit tapi menyesal kemudian. Tentu saja, waktu kita sudah dipasangi behel, kita akan merasakan nyeri karena gigi kita ditekan oleh kawat untuk bisa berada di posisi yang tepat.

Ada beberapa kemungkinan risiko yang akan kamu dapat kalau kamu datang ke orang yang tidak memiliki kompetensi di bidang perkawatgigian untuk memasangkan pagar itu di gigimu. Aku tidak bilang bahwa behel murah itu auto harus dicurigai, tapi banyak praktik pemasangan dengan harga super murah yang memang mencurigakan dan betulan merusak kesehatan. Banyak yang datang ke dokter gigi dengan gigi/gusi yang sudah rusak akibat dijamah oleh tukang gigi yang memang cuman mau dapat uang tapi tidak memperhatikan kesehatan mulut dan gigi pasiennya. Jadi, mari kita mulai!

Klaim vs Malpraktik
Banyak ahli/tukang gigi atau so called dokter kecantikan yang memberikan “promo” pasang behel dengan harga super murah, entah untuk membuatmu terlihat lebih bergaya atau memang untuk “memperbaiki” struktur gigimu. Sayangnya, banyak dari mereka yang tidak dibekali pengetahuan cukup tentang segala permasalahan gigi, termasuk behel dan tetek bengeknya. Aku bahkan ragu mereka memberikan medical check-up yang memadai sebelum memasangkan behel (padahal itu penting banget!). Sering aku dengar mereka yang pasang behel di tukang gigi malah menyesal di kemudian hari karena gigi mereka rusak setelah dipasangi behel oleh tukang/ahli gigi. Berikut ada beberapa jenis kasus yang kutemukan di sumber yang kusertakan di bawah atau di postingan Instagram @korbantukanggigi.

Struktur gigi lebih berantakan
Seperti yang sudah kusebutkan di awal, dokter gigi perlu memberikan penanganan sebelum pasang behel untuk bisa memberi penanganan yang tepat saat pasang behel. Gigi kita akan dirontgen untuk jadi acuan dokternya, apakah ada yang perlu ditambal atau dicabut sebelum penanganan selanjutnya dilaksanakan. Dokter gigi juga harus bikin model gigi pasiennya yang mau pasang behel agar mereka punya gambaran harus memasang penyangga behelnya di sebelah mana, karena behel akan memaksa gigi yang tidak pada tempatnya untuk bergeser agar sesuai dengan struktur gigi ideal. Ketika behel mulai bekerja, gusi akan terasa nyeri akibat pergerakan gigi dari tarikan behel. Salah penanganan, kesehatan gigi dan gusi terancam. Masalahnya, banyak ahli/tukang gigi maupun salon/dokter kecantikan yang ilegal (yang ternyata tidak punya latar belakang spesialis gigi) tidak memperhatikan aspek itu. Karena mereka hanya mencari uangnya saja, mereka pasti akan merayumu (bahkan walaupun gigimu sebenarnya tidak butuh dipasangi behel) agar kamu mau dipasagi behel dengan harga terlampau murah. Kalau kamu melihat gambar-gambar akun Instagram @korbantukanggigi (tidak disarankan melihat bagi audiens yang memiliki tingkat kepekaan tinggi), banyak orang yang kemudian posisi giginya malah jadi berantakan setelah dipasangi behel oleh orang tak bertanggungjawab ini selama beberapa waktu.

Gigi goyang
Tidak hanya gigi yang jadi lebih berantakan, ada beberapa kasus di mana gigi malah jadi goyang akibat dipasangi behel oleh orang tidak bertanggungjawab. Behel memiliki tarikan kuat, apalagi behel cekat. Karet dan penyangga di behel cekat itu punya fungsi spesifik, yang kalau asal dipasang akan merugikan gusi dan gigi. Dokter gigi pun tidak asal memasangkan karet atau power chain (karet rantai) yang warna-warni itu hanya demi membuat senyummu terlihat lebih menawan atau imut. Look may be important, but functionality is number one. Fungsionalitas sesuai standar itu tidak boleh dilanggar.

Akar gigi keluar
Lagi-lagi, kamu bisa mencari gambar kasusnya di @korbantukanggigi. Tarikan behel cekat yang terlalu kuat akan membuat akar gigi keluar dari gusi dan kamu tidak ingin mengalaminya. Sayang, hal itu lebih bisa terjadi kalau kamu pasang dan kontrol rutinnya ke tukang gigi yang tidak punya kompetensi di bidang perbehelan.

Gigi mati
Kata mbak Ade Rida (yang bercerita di blognya tentang pengalaman pasang behel di ahli gigi), giginya berisiko mati karena giginya tidak mendapat penanganan yang tepat dari ahli giginya.

Infeksi gusi
Ahli/tukang gigi yang seperti ini biasanya hanya mencari untung. Mereka tidak memperhatikan kualitas komponen behel cekatnya, jadi biasanya yang dicari adalah komponen dengan harga sangat murah dan mereka pasang biaya pemasangan yang juga sangat murah, tak peduli dengan perawatan gigi dan gusi yang lebih penting dibanding pasang behelnya. Risikonya adalah adanya infeksi gusi, yang bisa merambat ke masalah kesehatan lain kalau tidak ditangani segera oleh dokter gigi.

Jadi itu adalah beberapa risiko yang mungkin kamu dapat kalau kamu pasang behel ke tukang gigi. Apa saja yang perlu diperhatikan saat hendak pasang ke orang-orang yang mengaku dirinya dokter gigi kecantikan atau ke ahli/tukang gigi? Berikut ada beberapa hal yang perlu kamu cek ketika datang ke tempat praktik mereka.

Izin praktik
Perhatikan izin praktiknya. Kalau yang akan memasangkanmu adalah dokter, kamu bisa mengecek nama dokter tersebut di https://kki.go.id/cekdokter/form. Pastikan nama yang diinput sudah benar dan tidak ditambahi embel-embel gelar. Aku tidak akan menyarankanmu untuk mengecek izin praktik salon/dokter kecantikan atau ahli gigi yang buka jasa pasang behel karena bagiku sejatinya behel itu memang peralatan orthodontik yang harus dipasang dalam pengawasan dokter gigi.

 Tempat praktik
Perhatikan juga tempat praktiknya: apakah tempatnya bersih? Apakah mereka menggunakan dental chair? Bagaimana cara mereka menyimpan peralatan praktik? Apakah segalanya serba steril?

Prosedur pemasangan
Bagaimana dengan prosedur pemasangannya? Kalau mereka tidak memberikan treatment yang tepat seperti yang dianjurkan dokter (yang tentu saja aku sangat ragu itu terjadi), sebaiknya jangan sekali-kali pasang behel di tukang/ahli gigi atau di salon/dokter kecantikan yang tidak punya izin untuk pasang behel.

Your smile is so precious. Jangan karena tergiur dengan behel harga murah kamu rela menggadaikan kesehatan gigimu.

Sumber (atau bahan bacaan sebelum pasang behel):

https://aderida.wordpress.com/2015/07/05/pengalaman-behel-diahli-gigi-think-again-your-risk/comment-page-1/?unapproved=455&moderation-hash=e439d4edf6fb845d9f60c1feb8264792#comment-455

https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/fakta-pasang-behel-gigi/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3628398/pasang-behel-di-tukang-gigi-ini-risikonya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s