Akrobat Kata

Belum lama ini aku mendapat sebuah tangkapan layar berisi post seseorang di Facebook tentang skandal seorang cosplayer yang ada hubungannya dengan Ennichisai dan video berkonten dewasa. Tapi, aku bukan mau mebahas skandal si cosplayer ini, aku tertarik dengan sebuah artikel yang membahas skandal ini.

Tadi, sebelum artikelnya ramai dibahas di grup Quora Indonesia, aku sempat cari berita skandalnya di internet dan mampir ke sebuah laman yang berisikan artikel yang kumaksud. Penulisnya memiliki kredensial sejarawan. Iya, kredensialny seperti itu. Nah, apa yang membuat artikelnya menarik? Mari perhatikan tangkapan layar ini:

Apa yang kamu rasakan saat membaca tangkapan layar ini? Pusing? Merasa dia ngomongnya ketinggian? Pakai banyak istilah bahasa Jerman? Apakah dia mengingatkanmu pada orang semacam Vicky Prasetyo?

Kalau kamu tanya aku, jelas aku merasa pusing dengan penjelasannya. Orang ini mengingatkanku pada Vicky Prasetyo dan sejenisnya, orang-orang yang berakrobat kata (menggunakan kata-kata yang tinggi atau istilah-istilah yang terlalu ngilmu) untuk menjelaskan sesuatu pada audiens, tapi jatuhnya malah jadi bahan omongan. Si penulis memasukkan istilah-istilah berbahasa Jerman dan Inggris yang sebenarnya sama sekali tidak diperlukan dalam penjelasannya tentang skandal ataupun alpha male yang cenderung didambakan oleh para perempuan (entah secara umum, tanpa memandang tingkat feminitas atau maskulinitas perempuan, atau hanya mengacu pada perempuan feminin). Maksudku, bahkan tanpa ia memasukkan istilah-istilah keminggris atau kejermanan itu pembaca akan tetap mengerti. Makanya, aku malah malas baca sekaligus mau ngakak.

Mungkin saja, ini hanya sebuah troll, sebuah bercandaan terhadap hal seperti ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s